11 Daftar Aplikasi Pendukung Perancangan Arsitektur Terbaru 2022

11 Daftar Aplikasi Pendukung Perancangan Arsitektur Terbaru 2022

11 Daftar Aplikasi Pendukung Perancangan Arsitektur Terbaru 2022, Daftar Aplikasi Pendukung Desain Arsitektur Terbaik dan Terbaru 2022. Sebagai seorang arsitek, Anda perlu menguasai berbagai aplikasi untuk mendukung desain arsitektur. Karena semua software ini akan membantu Anda menerjemahkan keinginan pelanggan ke dalam desain bentuk bangunan dan bangunan sesuai dengan keinginannya.

Padahal, tidak semua aplikasi desain arsitektur perlu dikuasai. Namun setidaknya menguasai 2-3 program akan sangat membantu saat bekerja dengan klien yang memiliki keinginan unik, yang dengan sendirinya bisa menjadi tantangan tersendiri. Terutama jika menyangkut proyek desain yang kompleks.

Aplikasi pendukung desain arsitektur apa yang dapat Anda pelajari untuk meningkatkan diri? Lihat perangkat ini yang dirangkum di bawah ini.

Daftar Aplikasi Pendukung Perancangan Arsitektur Terbaru 2022

Ada banyak keuntungan memiliki seorang arsitek yang menguasai banyak aplikasi untuk mendukung desain arsitektur. Tidak hanya terlihat lebih profesional, tetapi juga menjadi lebih andal dan kompeten di bidangnya. Terlebih lagi ketika masing-masing software memiliki fungsi yang berbeda-beda dan dapat menyempurnakan desain keinginan pelanggan.

  1. Arsitektur AutoCAD

Siapa yang tidak mengenal software arsitektur Autocad ini? Tampaknya siapa pun yang mengaku sebagai arsitek harus menguasai perangkat lunak ini. Ini karena seluruh antarmuka dirancang untuk sepenuhnya mendukung aktivitas para perancang perakitan ini.

Dari semua software yang ada, biasanya mereka belajar terlebih dahulu untuk menguasai arsitektur Autocad. Oleh karena itu, semakin banyak arsitek yang mengandalkan kemampuan mereka untuk mendesain dengan perangkat lunak ini.

Meskipun dikembangkan sejak lama. Namun, bukan berarti software ini sudah ketinggalan zaman dan tidak mengikuti perkembangan zaman. Pengembang selalu menambahkan fitur-fitur terbaru untuk menjaga agar versi terbaru tetap canggih dan cukup modern. Oleh karena itu, arsitek yang menggunakannya dapat mempelajari desain bangunan dengan baik.

  1. Archikad

Archicad juga merupakan perangkat lunak aplikasi desain arsitektur yang digunakan oleh pemula dan profesional. Hal ini dikarenakan semua fitur yang ada telah dirancang untuk memungkinkan para arsitek membuat desain bangunan secara 2D dan 3D.

Sehingga pelanggan bisa melihat seperti apa bangunan aslinya saat presentasi. Perangkat lunak ini juga menjadi salah satu yang paling populer karena semua kebutuhan arsitek dibangun ke dalam sistem. Selain itu, seluruh antarmuka sangat mudah digunakan baik untuk pemula maupun profesional.

  1. Revitasi Autodesk

Software kedua yang sering digunakan para arsitek adalah Autodesk Revit yang dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat baik. Selain itu, akurasinya sangat akurat, sehingga bisa Anda andalkan saat menganalisa kebutuhan bangunan.

Hal ini sangat penting karena arsitek juga harus merencanakan anggaran pembangunan sesuai dengan proyek yang sedang dikembangkannya. Semakin tinggi akurasi gambar, semakin tinggi perhitungan komponennya. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur terbaik untuk dokumentasi proyek.

  1.  Chief Architect

Software desain bangunan ini sangat cocok ketika seorang arsitek ingin mendapatkan hasil akhir dalam bentuk 2D dan 3D. Salah satu kelebihannya adalah memiliki fitur otomatisasi untuk mempermudah proses desain rumah. Semua perangkat yang ada sangat membantu saat merencanakan sebuah bangunan.

  1. Punch

Perangkat lunak ini adalah perangkat lunak yang memungkinkan seorang arsitek untuk membuat proyek yang mendekati kenyataan. Sehingga ketika desain bangunan dipresentasikan tampak mulus dan sesuai dengan aslinya baik dari depan, kanan dan kiri.

Namun kekurangannya adalah software ini hanya bisa dibeli dengan harga yang relatif mahal. Tentunya seorang pemula yang masih dalam dunia desain bangunan harus memperhitungkan hal ini. Namun, bagi Anda yang sudah pro, menguasainya pasti akan sangat bermanfaat.

  1. Revit Architecture

Perangkat lunak ini sepenuhnya kompatibel dengan sistem operasi perangkat berbasis Microsoft Windows. Manfaatnya adalah dapat membantu arsitek menyelesaikan desain dengan hasil analisis yang menunjukkan berbagai informasi detail tentang komponen desain.

  1. 3D StudioMax

Software ini merupakan salah satu aplikasi pendukung desain arsitektur yang cukup terkenal karena sangat bagus dalam membuat gambar 3D. Keunggulannya, tidak hanya bisa digunakan oleh para arsitek, tetapi juga oleh mereka yang membutuhkan proses rendering.

Gambar desain yang dihasilkan software ini sangat detail sehingga terlihat nyata. Dengan fungsi rendering ini, gambar menjadi sangat halus sehingga terlihat seperti tampilan aslinya. Karenanya, itu juga dikendalikan oleh animator, pengembang game, dan konten video lainnya.

  1. Softplan

Perangkat lunak ini dapat membantu seorang arsitek untuk merancang dan membangun sesuai dengan kebutuhan para ahlinya. Kelebihannya adalah fungsi perhitungan dan penaksiran material yang tepat digunakan, sehingga arsitek dapat terbantu dalam membuat perhitungan desain yang tepat.

  1. Microstation Software

Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh arsitektur karena lebih stabil daripada yang lain. Namun kekurangannya adalah tidak bisa membaca dokumen dari Autocad. Sehingga menjadi sangat sulit ketika file sumber yang diterima arsitek dibuat di Autocad.

Dengan aplikasi ini, seorang arsitek dapat membuat desain atau tutorial bangunan 3D. Format penyimpanan berkisar dari CAD, DGN hingga OBJ dan SKP. Kelebihannya adalah penggunaannya sendiri tidak sulit, sehingga bisa digunakan baik oleh profesional maupun pemula.

  1.  SketchUp

Software ini juga sangat terkenal dan dikuasai oleh para arsitek, mulai dari pemula hingga profesional. Karena meski hak ciptanya sudah diakuisisi oleh Google, namun keahliannya sangat mahir dalam mengolah dan membuat desain sebuah bangunan.

  1. Vectorwork Architecture

Perangkat lunak ini termasuk yang membutuhkan waktu untuk dikuasai karena ditujukan untuk penggunaan profesional. Karena itu, proyek yang menggunakan perangkat lunak ini cenderung sangat bagus. Tentu saja, ini akan menjadi masalah bagi pemula sehingga mereka dapat meningkatkan keterampilan mereka ketika pindah ke profesional.

Perangkat lunak ini dianggap yang paling sulit, karena hanya cocok untuk orang profesional dan berpengalaman yang mengerti cara membuat gambar menggunakan aplikasi lain. Namun, begitu Anda memahaminya, penggunaan optimal akan meningkatkan kualitas gambar.

Gambar desain yang dibuat dengan aplikasi ini terlihat sangat akurat dan menggambarkan desain dan algoritma pemodelan kreatif yang terlihat nyata. Selain itu, lingkup aplikasi ini juga dapat membantu arsitek untuk membuat desain lansekap.

Jika Anda seorang mahasiswa arsitektur, tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu mempelajari aplikasi pendukung desain arsitektur yang paling sederhana untuk membantu Anda menavigasi studi universitas Anda. Kemudian coba desain sederhana untuk meningkatkan kualitas build.

Seiring waktu, ia mulai mempelajari solusi arsitektur yang lebih kompleks yang mendukung aplikasi untuk meningkatkan kualitas desain. Software di atas bisa digunakan dengan cara menginstallnya di laptop atau komputer terlebih dahulu. Anda tinggal memilih mana yang paling mendukung karya desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *